ciri makanan melayu palembang

Tipikal Makanan yang Digemari Orang Melayu, Apa Saja?

Indonesia terkenal memiliki berbagai makanan dengan citarasa yang menggoyang lidah. Sebut saja bakso, soto, rendang, dan masih banyak lagi lainnya. Dari berbagai masakan tersebut, yang berasal dari tanah Melayu memang sangat menyita perhatian. Rasa yang ditawarkan sangat kuat dengan bumbu yang begitu medok.

Meski daerah lainnya di Indonesia juga memiliki kuliner yang tidak kalah enaknya, berbagai makanan Melayu pantas untuk dicoba. Berikut ini ada beberapa tipikal makanan yang disukai atau dibuat oleh orang-orang Melayu diulas oleh CateringDiPalembang.com.

Kaya akan rempah

Satu hal yang membuat banyak makanan khas Melayu begitu diminati adalah penggunaan rempah-rempahnya. Tidak hanya satu atau dua macam saja, berbagai jenis rempah masuk menjadi satu sajian yang istimewa. Contohnya saja yang paling terkenal adalah rendang. Kuliner berbahan dasar daging atau telur ini memiliki bumbu rempah yang melimpah. Mulai dari laos, jahe, kunyit, kapulaga, kemiri, dan masih banyak lainnya.

Kamu pernah menemukan rendang di Malaysia? Jangan bingung ya, karena Indonesia masih satu rumpun Melayu, tentu saja ada kesamaanya. Namun tenang, bumbu rendang di Indonesia lebih medok.

Banyak Menggunakan Santan atau Berlemak

Selain kaya akan rempah, olahan yang disukai oleh masyarakat Melayu adalah yang berlemak. Kaya akan minyak atau santan. Rasanya tentu saja akan tambah menggiurkan. Ditambah dengan nasi hangat saja sudah membuat nafsu makan tak terkontrol. Banyak sekali kuliner khas Melayu yang berlemak.

Contohnya saja gulai lada hitam, nasi minyak, gulai ketam, gulai tambusu, tunjang, dan lain sebagainya. Kebanyakan memang mengandung santan atau yang berminyak. Meski rasanya sangat menggoyang lidah, namun usahakan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang terkontrol supaya tidak mengganggu kesehatan.

Didominasi Olahan Protein

Ciri khas lainnya makanan yang banyak digemari oleh masyarakat Melayu adalah terbuat dari protein. Baik itu daging sapi, kambing, ayam, makanan laut, dan juga ragam telur. Berbagai bahan protein tersebut diolah dengan berbagai macam rempah dan bumbu lainnya, tak lupa santan untuk menambah kenikmatan.

Selain protein, ada juga beberapa sayuran yang khas ada di berbagai kuliner Melayu. Dan sayuran tersebut juga diolah dengan menggunakan rempah yang banyak. Contohnya saja gulai rampai yang terbuat dari terong, kacang panjang, petula, kincung, dan lain-lain.

Ditambah Perasa Udang atau Belacan

Selain rempah, bumbu lainnya yang sering kali digunakan di berbagai masakan Melayu adalah ebi atau udang. Tidak jarang memanfaatkan olahannya, yakni terasi. Terasi ini digunakan untuk tambahan berbagai bumbu atau bisa juga sekadar menjadi sambal. Rasanya makin sedap saja, tak salah jadi idola.

Memiliki Citarasa Cenderung Pedas

Tipikal rasa lainnya adalah menggemari berbagai kuliner dengan citarasa yang cenderung pedas. Penggunaan berbagai rempah seperti halnya jahe dan lada ditambah dengan dengan cabai rawit dan keriting sangat menggugah selera. Tidak mengherankan jika banyak masakan khas Melayu memiliki warna merah bahkan sampai cokelat dari cabai yang digunakan.

Bahkan jika dirasa kurang pedas, ada banyak juga sambal khas Melayu yang jadi hidangan pendamping. Beberapa contoh sambal yang biasanya ada pada hidangan khas Melayu antara lain sambal cencalok, sambal belacan, sambal mangga, dan lain-lain.

Banyak Memanfaatkan Nanas

Berbagai kuliner yang digemari orang-orang Melayu juga kerap kali memiliki pereda atau penawar lemak. Mulai dari nanas, mangga, sampai timur. Namun yang paling banyak digunakan adalah nanas. Bisa dimasukkan ke dalam masakan, jadi makanan pendamping, atau jadi lauk sendiri. Bahkan ada juga yang menjadikan nanas sebagai keripik.

Ada namanya pajri atau pacri nanas yang merupakan kuliner khas Melayu Deli. Bahan utamanya adalah buah nanas yang dipotong-potong lalu dimasak dengan berbagai bumbu. Kuliner ini banyak disuguhkan di berbagai makanan khas Melayu, bahkan jadi hidangan untuk pernikahan. Rasanya asam, manis, dan juga gurih menyatu dalam setiap gigitan.

Bagi kamu yang selama ini sudah terbiasa menikmati berbagai kuliner khas Melayu, pasti sudah sangat familiar dengan berbagai tipikal makanan yang disebutkan sebelumnya. Namun bagi kamu yang belum pernah mencoba, segera coba supaya bisa tahu rasanya. 

Leave a Comment